Sabtu, 22 Juni 2013

Weird Tradition

Udaah lama nggak ngeblog hahaha, kali ini gw mau menceritakan sedikit tentang sebuah organisasi pecinta lingkungan dan binatang, karena kebetulan gw sangat suka binatang. Sea Shepherd Conservation Society (SSK) adalah sebuah organisasi konservasi internasional non-profit, laut satwa liar. 
Misinya adalah untuk mengakhiri perusakan habitat dan pembantaian satwa liar di lautan dunia dalam rangka untuk melestarikan dan melindungi ekosistem dan spesies.
gw mulai mengenal organisasi ini saat nonton acara Animal Planet. Miris bahkan pelaku sosialpun yang nggak pernah minta imbalan apa-apa harus menerima penolakan & cacian dari sekelompok pemburu mamalia laut yang tidak bertanggung jawab. be patient and keep fighting!!.
ada beberapa peristiwa yang menyita perhatian gw kala itu, tepatnya tentang sebuah tradisi membunuh ratusan ekor ikan paus pilot di Faeroe Island Scotland yang sudah dilakukan hampir lebih 1000 tahun lamanya, yang disebut The Grind, metode pembunuhan ikan paus yang dilakukan menurut gw sangat kejam, bahkan dulu untuk membunuh satu ekor paus bisa memakan waktu lebih dari 2 jam, nggak kebayang bagaimana rasa sakit yang di alami ikan paus itu.

photos credit: Peter Hammarstedt / Sea Shepherd

Foto di atas adalah puluhan paus pilot yang di ambil gambarnya oleh crew Sea Shepherd setelah Grind terjadi, terlalu kalah jumlah dan tidak mampu secara fisik untuk menghentikan The Grind, crew pun hanya dapat mendokumentasikan pertumpahan darah yang terjadi di sana. dan parahnya lagi adalah bahwa pemerintah di sana memperbolehkan Grind terjadi yang tujuannya memperoleh makanan untuk masyarakat yang tinggal di daerah tersebut, yaa walaupun objek dari pada The Grind ini tidak termasuk mamalia laut yang hampir punah, tetapi kalau gw liat mereka membunuh paus pilot hanya untuk  kesenangan dan memenuhi hasrat aja, Ooo come on men! lo bisa ngedapetin makanan dari alam, tapi dalam hal cara dan kuotanya lo nggak boleh serekah, lo juga harus melestarikan ekosistemnya. gw yakin suatu saat paus pilot akan hilang atau punah juga, jika tradisi the grind ini terus-menerus dilakukan, lantas siapa yang harus bertanggung jawab?
Dan ada juga foto yang sangat memprihatinkan sekali.

(Babies had been cut out of their mother’s dead bodies and left to rot on the docks)

Kelompok paus pilot terkenal sangat matriarkal dan sosial, gw nggak bisa ngebayangin rasa takut dan panik bahwa induk paus ini harus merasakan keluarganya di bantai dan ... i don't know! it's sick!
Paus pilot diklasifikasikan sebagai "sangat dilindungi" di bawah Konvensi tentang Konservasi Margasatwa Eropa dan Habitat Alam. Dengan membiarkan pembantaian terus di Faeroes, Denmark gagal untuk mematuhi kewajibannya sebagai penandatanganan konvensi.
So I really support Capt. Paul Watson and Sea Shepherd Crews against whalers in faroe island, respect nature then nature will respect us!! 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar